Knowledge Management (KM) Sangat Penting Bagi Organisasi

22 11 2012

Knowledge Management adalah Praktek dan proses dari membuat, membutuhkan, sharing dan menggunakan pengetahuan untuk belajar dan meningkatkan performance sebuah organisasi (Scarborough et al, 1999). pendapat lain mengatakan bahwa Knowledge Management (KM) akhir-akhir ini menjadi suatu sistem yang penting untuk diterapkan di perusahaan-perusahaan, dan bukan sebagai suatu trend (K. M Wiig, 1993). Selain bertujuan meningkatkan Competitive Advantage bagi perusahaan, KM juga bertujuan untuk mengelola aset perusahaan yang bersifat intelektual (T.H Davenport & De Long, 1997). Disektor pemerintah, tuntutan terhadap pelayanan publik dan transparansi menjadi suatu hal yang tidak dapat dihindari, oleh sebab itu organisasi harus terus menerus mencari cara untuk menciptakan dan mewujudkan nilai (value) melalui inovasi (Janszen, 2000; Yoffie, 1997).

Mengapa knowledge management penting bagi perusahaan? Karena knowledge management sangat fokus pada menyimpan dan membagi kebijakan dalam perusahaan, mengerti dan ahli tentang proses dalam organisasi, teknik dan operasi suatu organisasi. Selain itu knowledge management itu untuk menyalurkan pengetahuan yang dimiliki perseorangan untuk membuat organisasi lebih maju, menjadikan tacit knowledge menjadi explicit knowledge.

Dalam Pembelajaran sebagai salah satu proses pencerdasan bangsa dilakukan
pemerintah untuk melayani masyarakat dengan berbagai cara, salah satunya
dengan memanfaatkan media pembelajaran berupa video pendidikan. Produk
video pendidikan tersebut berupa video yang berisi materi-materi pelajaran yang disajikan sedemikian rupa sehingga menarik peserta didik untuk belajar. Kementerian Pendidikan Nasional yang memiliki tugas mengembangkan model dan format video pendidikan, yang mengedepankan pengelolaan pengetahuan (knowledge management), baik cara untuk memperoleh pengetahuan (knowledge) maupun cara melakukan transfer (distribusi) pengetahuan.

Tahapan-tahapan KM proses:

1. Identify – Identifikasi/Mengenali

2.Create – Menciptakan

3.Store – Menyimpan

4.Share – Membagi

5.Apply – Menerapkan


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: